Hello Panda

Selasa, 12 Maret 2013


NURUL HIDAYAH
NIM A1B110224
REGULER B

WACANA IKLAN ‘ZAINT PAINT’ DI RADIO
Transkripsi Iklan
Wanita : “Eh Mas Iwan, habis ngecat rumah ya?”
Iwan    : “Iya nih.”
Wanita : “Pantes rumahnya kayak baru lagi, warnanya juga bagus. Pakai cat apa, Mas?”
Iwan    : “‘Zatun Paint’. Harganya terjangkau, warnanya juga bagus-bagus, tinggal pilih aja.”
Wanita : “Wah, kalau gitu bantuin aku dong beli cat ‘Zatun Paint’.
Iwan    : “Ayolah.”
            Telah hadir di Kalimantan Selatan dan Tengah cat kualitas internasional, ‘Zatun Paint’. Cat berkualitas tinggi dengan berbagai warna pilihan sesuai selera. Tersedia cat tembok hingga cat kayu dengan harga terjangkau. Ciptakan suasana baru di rumah Anda dengan cat ‘Zatun Paint’. 

Berikut identifiksai iklan di atas.
Iklan di atas mengandung sebuah percakapan. Dalam sebuah percakapan terdapat pasangan berdekatan, yakni inisiasi, respon, dan feedback (umpan balik). Inisiasi adalah pembuka atau pemicu sebuah percakapan. Respon adalah hasil dari adanya inisiasi. Feedback (umpan balik) berfungsi sebagai penutup percakapan. 
            Wanita : “Eh Mas Iwan, habis ngecat rumah ya?” (inisiasi) 
Iwan    : “Iya nih.” (respon)
Wanita : “Pantes rumahnya kayak baru lagi, warnanya juga bagus. Pakai cat apa, Mas?” (feedback)
       

 Wanita : “Pantes rumahnya kayak baru lagi, warnanya juga bagus. Pakai cat apa, Mas?” (inisiasi)
    Iwan    : “‘Zatun Paint’. Harganya terjangkau, warnanya juga bagus-bagus, tinggal pilih aja.” (respon)
      Wanita : “Wah, kalau gitu bantuin aku dong beli cat ‘Zatun Paint’. (feedback)

Butir utama iklan tersebut adalah untuk menarik perhatian konsumen dengan proposisi dalam bentuk pertanyaan yang menuntut perhatian lebih. Hal tersebut dapat dilihat dari pertanyaan yang diajukan oleh seorang wanita, yakni.
Wanita      : “Eh Mas Iwan, habis ngecat rumah?”
Wanita      : “Pantes rumahnya kayak baru lagi, warnanya juga bagus. Pakai cat apa, Mas?”
Pertanyaan tersebut merupakan pembuka iklan yang membuat konsumen menjadi penasaran sehingga konsumen ingin mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, yakni produk dari iklan tersebut.

Badan wacana iklan bertujuan untuk menarik minat dan kesadaran dari calon konsumen. Motif calon konsumen dalam membeli sesuatu didasari oleh motif emosional dan motif rasional. Oleh karena itu, badan iklan wacana hendaknya mengandung alasan objektif yang dapat diterima secara rasional oleh konsumen dan alasan subjektif yang mengajak emosi konsumen untuk membeli produk tersebut.
Iklan di atas mengandung alasan objektif dan subjektif. Berikut adalah pernyataan iklan tersebut yang mengandung alasan objektif.
1.        “Pantes rumahnya kayak baru lagi.” Pernyataan tersebut dapat diukur karena setiap rumah yang telah dicat pasti terlihat baru.
2.        Cat ‘Zatun Paint’ telah hadir di Kalimantan Selatan. Iklan dipublikasikan lewat radio di daerah Kalimantan Selatan, yakni radio Chandra, berarti produk tersebut telah beredar di daerah Kalimantan Selatan.
3.        Berbagai warna pilihan sesuai selera berarti cat tersebut menyediakan banyak warna yang disesuaikan selera konsumen sehingga konsumen tinggal memilih warna yang diinginkan.
4.        Tersedia cat tembok hingga cat kayu. ‘Zatun Paint’ menyediakan dua jenis cat, yakni cat tembok dan cat kayu.
Berikut adalah pernyataan iklan tersebut yang mengandung alasan subjektif.
1.        “Harga terjangkau”. Iklan tersebut ditujukan kepada berbagai kalangan masyarkat dengan pendapatan yang berbeda. Oleh karena itu, harga terjangkau untuk suatu kalangan masyarakat belum tentu terjangkau juga untuk kalangan masyarakat lain.
2.        “Warnanya juga bagus.” Warna yang bagus disesuaikan oleh selera konsumen karena bagus untuk seseorang belum tentu bagus untuk orang lain.
3.        Cat kualitas internasional. Pernyataan tersebut belum pasti karena tidak diketahui dari segi apa pengukuran tentang suatu kualitas tersebut dilakukan.
4.        Cat kualitas tinggi. Sama halnya dengan alasan no. 3, pengukuran kualitas tersebut tidak diketahui kepastiannya.

Penutup iklan dimaksudkan untuk menekankan lagi sebuah iklan. Penutup dari wacana iklan di atas bersifat keras, yakni.
Ciptakan suasana baru di rumah Anda dengan cat ‘Zatun Paint’.
Pernyataan tersebut meminta konsumen untuk menggunakan cat ‘Zatun Paint’ untuk rumah calon konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar